38°C
July 15, 2024
Tafsir Al Quran

Tafsir Q.S Asy Syura Ayat 17 : Kiamat Sudah Dekat

  • Juni 4, 2024
  • 3 min read
Tafsir Q.S Asy Syura Ayat 17 : Kiamat Sudah Dekat

Rumah Generus.id – QS Asy Syura Ayat 17 membahas tentang Allah menurunkan Kitab Al Quran dan keimanan pada hari kiamat. Walaupun ayat tersebut dahulu ditujukan kepada Nabi Muhammad, namun secara umum juga untuk umatnya.

Mari kita bahas ayat tersebut :

اللَّهُ الَّذِي أَنْزَلَ الْكِتَابَ بِالْحَقِّ وَالْمِيزَانَ وَمَا يُدْرِيكَ لَعَلَّ السَّاعَةَ قَرِيبٌ * سورة الشورى 17

Allahul-ladzi anzalal-kitaba bil-ḥaqqi wal-miizaan(a), wa maa yudrika la‘allas-saa‘ata qariib(un).

Artinya : Allah itu adalah Dzat yang telah menurunkan Kitab (Al-Qur’an) dengan benar dan timbangan (keadilan). Dan taukah kamu (Nabi Muhammad), (bahwa) boleh jadi kiamat itu (sudah) dekat?

اللَّهُ الَّذِي أَنْزَلَ الْكِتَابَ بِالْحَقِّ :

Allah itu menurunkan kitab Al Quran  dan Kitab selain Al Quran dengan benar, yaitu turunnya benar-benar dari Allahdan isinya dijamin benar  baik dalam  hukumnya, syariatnya maupun ceritanya.

Tafsir Q.S Asy Syura Ayat 17 : Kiamat Sudah Dekat

Allah menurunkan Kitab Al Quran bertahap selama 22 Tahun 2 Bulan 22 Hari atau dibulatkan menjadi 23 Tahun, berbeda dengan Allah menurunkan Kitab Zabur, Kitab Taurat dan Kitab Injil yang turunnya langsung berupa 1 mushaf atau sudah berbentuk buku.

وَالْمِيزَانَ :

Allah juga menurunkan timbangan keadilan. Alloh itu Dzat yang Maha Adil, keadilan Alloh di atas segalanya. Keadilan makhluk jauh dari keadilan Allah.

Berbicara tentang adil, adil itu tidak harus sama, yang penting mencapai sama – sama ridho. Maka ada suatu gambaran yang menggambarkan bahwa adil itu tidak harus sama. Ada seorang ayah memiliki tiga orang anak, anak pertama masih SD, anak kedua SMP dan anak ketiga SMA. Apabila definisi adil itu sama, maka bagaimana ayah tersebut membelikan baju. Apakah semua akan disamakan ukurannya?

Tentulah tidak, masing – masing akan dibelikan baju sesuai ukurannya. Maka dari ilustrasi tersebut, adil itu tidak selalu sama.

وَمَا يُدْرِيكَ لَعَلَّ السَّاعَةَ قَرِيبٌ :

Dari kalimat ayat tersebut, Nabi Muhammad ditanya oleh Allah namun dengan disertasi kabar bahwa kiamat itu sudah dekat.

Dalam HR Ibnu Majah, Rasulallah SAW bersabda :

أَلاَ إِنَّ مَا هُوَ آتٍ قَرِيبٌ ، وَإِنَّمَا الْبَعِيدُ مَا لَيْسَ بِآتٍ … الأية * رواه ابن ماجة

Artinya : Ingatlah, sesungguhnya sesuatu yang akan datang itu dekat (walaupun lama), dan sesungguhnya jauh itu sesuatu yang tidak pernah datang (H.R Ibnu Majah).

Maka dari hadits tersebut, kiamat itu dekat dan pasti akan terjadi. Dalam HR Al Bukhari, Rasulallah SAW bersabda tentang dekatnya kiamat :

قَالَ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم : بُعِثْتُ أَنَا وَالسَّاعَةَ كَهَذِهِ مِنْ هَذِهِ ، أَوْ كَهَاتَيْنِ وَقَرَنَ بَيْنَ السَّبَّابَةِ وَالْوُسْطَى * رواه البخارى

Artinya : Rasulallah SAW bersabda (jarak) antara aku diutus dan kiamat (seperti) ini dan ini, atau dua ini (dan Nabi mendekatkan antara jari telunjuk dan jari tengah. (H.R Al Bukhari)

Itu menunjukkan bahwa kiamat itu akan terjadi sebentar lagi, yang mengetahui secara pasti kapan kiamat itu datang hanyalah Allah. Yang jelas Nabi bersabda bahwa kiamat akan terjadi di hari Jumat. Yang menjadi masalah bukanlah kapan kiamat terjadi, namun sebera besar dan banyak amalan yang dikerjakan untuk dimintai pertanggungjawaban oleh Allah.

Semoga semua amal kita diterima oleh Allah…. aamiin…………

About Author

Admin Utama

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *